Bookmark and Share

10 Juni 2009

Ini Pug Saya Yang Pertama

Coba share deh, pengalaman pertama punya Pugnya..

Muka krimple-krimple, hidung pesek-pesek, kerut merut, ginak ginuk....

lucu banget....

Mau cepet pulang, mau cepet ketemu lagi,..hahahaha....

wets,..tapi koq gini ya ?..kita urutin dari belakang ke depan, dari luar ke dalam...

  1. Papatnya bisa menghitam ya ?..

    Oya, bisa banget. Jadi sebaiknya sih tiap kali “beliau” ini kelar BAB, dilap deh pake antiseptic cair (jangan lupa, lapnya pake kain sponge lembaran, supaya ga iritasi).

  2. Rontokan bulunya itu lho..nempel di sofa, di baju, poloshirt putih..wuihhh!!

    Kaget ya ?. Bulu trah Pug memang gampang rontok. By nature (secara alami) that's the way it is (begitulah adanya) hehehe....

    Jadi ? Bagaimana ?, simpel..

    Untuk mencegah rontokan tersebar di tiap tempat, kita kontrol jumlah rontokan ini dengan cara menyikat bulunya saja pake sikat yang agak rapat bilahnya (banyak dijual di PetShop), seminggu sekali, atau lebih sering juga boleh. (lihat sharing menyikat bulu anjing).

  3. Kuku kakinya,... perasaan baru 2 minggu lalu potong kukunya deh, sudah mesti potong lagi ?

    Memang betul cepat pertumbuhan kuku si Pug ini... Tetapi tetap harus dipotong lho, selain demi keselamatan barang kain di rumah, juga menjaga kesehatan Pugnya. (lihat sharing perawatan kuku Pug).

  4. Daun telinganya kepleh-kepleh lebar, tetapi kalau diperhatikan, telinganya kayak semacam cetek/dangkal gitu ya lubangnya..

    Salah satu karakteristik dari Pug memang saluran telinga yang “cukup dekat dengan permukaan”. Hal ini membuat proses pembersihannya harus telaten dan resik, kenapa ?. Karena ada hama, yang disebut sebagai Ear Mites yang bisa mendatangkan penyakit yang lebih serius, apalagi kalau udah muncul aroma/bau amis dari telinganya, geura!...langsung ke drh. (lihat sharing perawatan telinga Pug).

  5. Endus-endus sih ngga pa apa, tapi secara hidungnya pesek banget, takut kenapa-kenapa..

    Coba perhatiin kalo lagi senang. Larinya muter-muter, tabrak sana tabrak sini. Sudah begitu, kali diangkat, langsung nafasnya ”Ngik” - “Ngik”. Ini normal, hal ini terkait dengan saluran pernafasannya yang pendek.

    Satu lagi, kalau ada pelembab kulit wajah, coba dioleskan tipis-tipis di kerutan wajah Pug kita ini.

  6. Kalo soal gigi gimana ? Nafasnya juga kadang agak tajam baunya lho..

    Benar, agak tajam, tapi jangan kuatir, itu alasan dia suka gigit-gigit, itu karena misalnya gatal gusi - gigi baru tumbuh dan juga sikat gigi. Sikat gigi ?..Iya, jadi dari waktu ke waktu coba sikat giginya si Pug ini. Lumayan, menghilangkan bau mulut, bau hembusan nafas, gigi rusak dan plak. Pasta giginya banyak di petshop (jangan kasih pasta gigi manusia ya, beracun buat dia, lihat sharing bersih -bersih gigi Pug)

  7. Kadang betah dimandiin, kadang mau cepat-cepat lari aja Pug ini..

    Kalau ketemu air, amplop deh..gembira banget. Coba test renang, walah!! Kacau. Mandi ajalah, ngga usah canggih-canggih. Yang penting, jangan sampe telinganya kemasukan air, bisa kena infeksi. Dan matanya yang mbelo itu, jangan sampe kena shampoo lho, mungkin rasa sakitnya sama kalau kita kena sabun/sambel kali yak..

    Yang ngga kalah penting, santai aja kalau memandikan Pug ini, have fun..bisa jadi pengalaman lucu juga lho, siapin aja kamera, hahaha..Kalau muncul perasaan agak-agak takut sewaktu memandikan (takut anjingnya jadi stres atau gimana gitu), itu normal, tetap lanjutkan saja dengan lembut.

    Kalo si Pug udah nunjukin gaya mau buru-buru, cepat-cepat aja diselesaikan dan biarkan aja Pugnya main lari sana lari sini lagi..mandinya gimana ? jangan kuatir, lanjutin di masa pemandian berikutnya . Oya, mandi teratur bisa membantu mengurangi banyak bulu rontok lho.

    Jadi kalau mau sekalian mencegah rontok bulu dan menjadikan Pugnya wangi, ya mandikan saja, dijamin akan rontok banyak saat dimandikan. (lihat sharing pug cibang-cibung).

5 komentar:

madcow leather mengatakan...

thanks infonya gan...g baru beli pug.tapi ga tau gmn ngerawatnya plus baunya aduh2....:)

Agung D. mengatakan...

Bro Madcow,

Congrats ya..
Memang trah pug ini punya aroma yang khas..(saya ngga sebut "bau" ya, tapi "aroma". Kalo pake term "bau" kesannya negatif gitu hahahaha...)

Kasih mandi aja Bro, jangan lupa shampoo, biar wangi.
Kelar mandi, jangan lupa cepet2 dikeringkan (saya recomend pake kain yang cepat menyerap air ya..).
Sebisa mungkin, jangan pake dryer.

Regards,
Agung D.

Anonim mengatakan...

ak juga baru plihara pug.. skrg dah 6 bulan, bulunya rontoknya parah bgt lo.. bsa ampe sejumput gitu, normal ga yah? trus kalo ga normal gmn cr ngobatinnya?

Unknown mengatakan...

hai aku aku Geg Ras

Aku juga punya pug umur kitar 6th dan super jail bgt ma aku
aromanya khas bgt kadang abis main suka nempel di kulit lantai dll, padahal udh rajin di mandiin
kira2 ada perawatan khusus ga biar aromanya sedikit menebar gt?

thanks

Yan Narda mengatakan...

aku jg mengalami hal yg sama ,pug ku bulunya rontok para sampai suatu ketika ada temen kasih solusi,..Solusi bulu anjing pug rontok yaitu ,pada sore hari anjing di ajak keluar menuju dr hewanswlanjutnya ,konsultasi deh...