Bookmark and Share

31 Mei 2009

Sejarah Anjing Pug

Artikel ini berisi secuplik info mengenai Sejarah Anjing Pug, awal keberadaan anjing Pug, persebaran anjing pug dari China (Asia), ke Eropa, Amerika hingga ke Indonesia. Selain itu ada juga ulasan mengenai nama anjing Pug, asal muasal nama anjing Pug, dan beberapa sebutan untuk anjing Pug.

Awal Keberadaan
Sejarah Anjing Pug yang sebenar-benarnya tidak diketahui secara pasti, namun begitu banyak referensi yang mengaitkan keberadaannya pertama kali dengan sejarah kebangsawanan bangsa China. Dibesarkan dan dipelihara sebagai pemanis penampilan para bangsawan China di masa Dinasti Shang (sebelum tahun 400 SM), disebutkan juga bahwa para bangsawan ini (termasuk Emperornya) juga menyukai aktivitas merawat dan memanjakan mahluk satu ini, mungkin ini asal muasal karakteristik "Pug adalah Raja" semua Pug pada masa kini ;).

Dari Asia Ke Eropa
Pergerakan penyayang Pug pada waktu itu sangat membantu persebaran trah anjing Pug itu sendiri. Dari China, Pug menyebar ke daerah pegunungan Tibet dan menjadi sahabat akrab para pendeta di sana , terus bergerak ke Jepang seiring persebaran ajaran agama yang dianut para pendeta.

Selain itu, dalam aktivitas perdagangan antara bangsa Belanda (pelaut Dutch East Indies Trading Company) dengan China, para pelaut Belanda juga tidak lepas dari pesona Pug. Thus, sejarah anjing Pug melebar ke benua Eropa, yaitu Belanda terutama masyarakat kalangan atas pada waktu itu dan kemudian dijadikan sebagai Offical Dog of The House Of Orange (cooollllll!!!! ;).

Tahun 1572, tersebut kisah mengenai William (Prince Of Orange) yang terselamatkan dari sergapan pembunuh oleh Pug miliknya. Catatan kiprah Pug di Eropa terus berlanjut. Dibawa dalam perjalanan William III dan Mary II dari Belanda ke Inggris (1668), menjadi model lukisan pelukis Spanyol, Goya. Di Italia mulai berkenalan dengan fashion (di sana Pug ini didandani dengan jaket dan pantalon), dan terus bergerak ke Jerman dan Perancis..

Sejarah Anjing Pug terus berjalan di abad 18 dan 19. Di Perancis, dalam catatan sejarah, Joséphine de Beauharnais (sebelum menikah dengan Napoloen Bona parte) menggunakan Pug sebagai kurir pembawa surat selama masa penahanannya di penjara Les Carmes, bukan karena Pug diijinkan untuk menemani, tetapi karena pengunjung yang diperbolehkan hanyalah Pug itu.

Jadi model lukisan ?, ada lagi ceritanya. Pelukis Inggris..William Hogarth membuat lukisan potret diri dengan Trump, anjing Pugnya, sekarang lukisan itu bisa dinikmati di museum Tate Gallery, London. Masih di Inggris, Ratu Victoria juga adalah penyayang Pug. Beliau memiliki banyak Pug yang dibesarkan sendiri, Olga Pedro, Minka, Venus adalah beberapa Pug miliknya. Rasa sayang ini menjadi awal didirikannya Kennel Club (1873). Ratu menyukai Pug berwarna Fawn dan Apricot, bangsawan lainnya, yaitu Lady Brassey lebih memilih Pug berwarna hitam, tercatat sang Lady mendapat pujian karena berhasil mempercantik Pug hitam yang dibawanya dari China tahun 1886.

Panjang ya Sejarah Anjing Pug ini..., di benua lain bagaimana ?
Amerika,.. tercatat awal Sejarah Anjing Pug di abad 19, dan dengan cepat merebut simpati khalayak banyak, dipelihara di rumah-rumah, dan pameran-pameran. Kemudian di tahun 1885, AKC atau American Kennel Club, mengakui secara hukum keberadaan Trah ini.

Bagaimana Sejarah Anjing Pug di Indonesia ?, ya..gimana ya ?...
350 tahun masa kolonisasi bangsa Eropa, dan sejarah perpindahan penduduk China selain juga sejarah perdagangannya, hampir pasti mengawali torehan Sejarah Anjing Pug di Indonesia...

Asal Nama Pug, dan Sebutan Lainnya
Keunikan bentuk fisik dari anjing trah Pug ini membuatnya memiliki beberapa nickname/sebutan yang terus digunakan hingga saat ini. Beberapa sebutan tersebut antara lain :
1. Lo-Chiang-Sze atau Foo. Foo adalah patung keramik penjaga dari China yang berbentuk singa (diyakini bahwa Foo ini mengalami transformasi menjadi Naga dengan bentuk mata yang besar dan mirip dengan Pug ;).
2. Lion Dog atau Foo Dog, juga diambil dari kisah Foo tadi.
3. Chinese Pug, Mops (kain pel ?..;), Punggu, Carlin, Dutch Buldog, Mini Mastif
4. Puglet(s), sebutan yang digunakan pada puppy(ies) / anakan Pug
5. Multum In Parvo, seperti nama blogspot ini, hahaha.., sebutan ini menggambarkan "feature" Pug yang "fully loaded", walaupun bentuknya kecil. terjemahan bebas ke bahasa inggrisnya adalah much in little.

Tetapi sebenarnya, sebutan Pug itu datang dari mana ?
Penasaran ya ?...hahaha, beberapa referensinya adalah sebagai berikut :
1. Pugg atau Puge, berasal dari bahasa Old English, kurang lebih artinya "Bandit Kecil Yang Menggemaskan", dan ..."Monyet"!
2. Pugnus, dari bahasa latin, artinya kepalan tangan
3. Bagaimana dengan Multum In Parvo ?, ini juga dari bahasa latin, artinya kecil tapi berkualitas (?)..terjemahan bebas ke Bahasa Inggrisnya adalah Much In Little. Sebutan ini mecoba menggambarkan sifat dan karakteristik yang mengagumkan dari trah Pug, sekalipun secara fisik bentuknya kecil.

Gimana ?,.. jadi merasa makin akrab dengan anjing Pug ? hahaha...
Ok, tema Sejarah Anjing Pug kita istirahatkan dulu, sambung lain kali, di topik yang lain ya..

Salam,
Agung D.
(disarikan dari berbagai sumber)


Tidak ada komentar: