Bookmark and Share

25 Juni 2009

Gigi Pug

Artikel mengenai bentuk gigi geligi anjing Pug, gangguan karena gigi anjing Pug, kesehatan gigi anjing Pug, perawatan gigi anjing Pug, & hal-hal lain yang perlu diketahui mengenai gigi Pug.


Bentuk Gigi Geligi Anjing Pug

Memiliki anjing Pug sejak usia anakan, memiliki banyak keuntungan.

Salah satunya adalah kita bisa melihat progres perkembangan susunan gigi anjing Pug itu sendiri, dan memperkenalkan kebiasaan merawat gigi anjing Pug dari sejak dini bagi si anjing (pusing ya tata bahasanya ;)..


Baiklah, supaya nge-flow,..kita share soal bentuk geliginya dulu.

Susunan gigi anjing Pug sangat terpengaruh dengan bentuk rahangnya.

Sewaktu masih puppy / anakan, rahang bawah anjing Pug tidak secara kasat mata terlihat undershoot atau bahasa kerennya , "Chakil". Demikian pula bentuk susunan gigi geligi anakan anjing Pugnya. Semua terlihat normal - normal saja, kecuali wringkle kerut merut kulit mukanya yang sejak kecil sudah terlihat kebangetan, lucunya..hahaha.


Nah, perlahan - lahan sesuai perjalanan usia, bentuk rahang bawahnya mulai terlihat undershoot.


Gangguan Yang Disebabkan Gigi Anjing Pug

Suka cipika-cipiki sama anjing Pug ?, nggemesin khan ?, kepingin sentuhan hidung dengan Pug ? Pernah ?, gimana aroma nafasnya ? tolerable ? hahaha....

Kalau aromanya tidak bisa dimaafkan, mungkin ada proses perawatan yang kelewat.

Aroma nafas anjing yang kacau-beliau ini dalam istilah canggihnya adalah halitosis, yaitu gangguan nafas bau yang disebabkan penyakit pada gusi anjing Pug, misalnya gingivitis (mirip manusia yah..). Penyakit ini merajalela karena, biasanya, gigi tidak higienis (kebersihan tidak dijaga) diperparah oleh penanganan serta perawatan gigi yang telat.

Biasanya gangguan ini makin kentara seiring usia anjing bertambah dan pol-polnya di usia 3 tahun, karena sumber gangguannya yang sudah mengakumulasi.

Oya, Gingivitis ini hanya salah satu gangguan, yang secara bersama-sama gawatnya, bisa meluas berpengaruh pada kesehatan Pug (gimana ?, mirip sama kita ya...).

Kesehatan dan Perawatan Gigi Anjing Pug

Ok, yang ngga enak sudah kita omongin. What can we do about it ?..ini dia..

Pelan - pelan, secara teratur dan sejak dini, kita bisa ajak anjing Pug kita membersihkan geliginya sendiri.


Caranya ? Ini yang penting.


Berikan Dry Dogfood, baik tunggal maupun ganda campuran dengan makanan lainnya. Cara ini bisa membuat anjing Pug membersihkan gigi dengan cara yang paling dia suka...makan boss, hahaha...jangan lupa..daily basis ya..


Cara kedua, Sok-gosok-gosok....

Gosok gigi ?,...serius nih ?..

Iya, serius banget. Mesti digosok teratur supaya plak tartar giginya terkikis (ngga perlu parno sampai tiap hari, tetapi jangan terlalu jarang juga, seminggu dua kali Ok-lah..)

Pake apa ?

Pasta giginya pilih yang khusus untuk anjing (banyak di Pet Shop), jangan pake pasta gigi untuk manusia, bisa keracunan..ini penting lho.

Kalau si Pug terlihat kurang suka gosok gigi, ya be creative.biar gimana caranya, gosok gigi harus dapet, misal, kita sogok susu + puji-puji sampe kita berbusa - busa..hal ini bertujuan untuk mempermudah gosok gigi berikutnya lebih mudah.


Terakhir, seperti kita-lah, bawa ke ahli gigi anjing (veteranian/drh) untuk periksa rutin, dan memeriksa hasil kerja pembersihan kita selama ini, sudah tepat belum cara kita membersihkan gigi anjing Pug.

Oya, kalau si drh, karena merasa kesulitan atau lainnya, menyarankan agar demi-gigi-gimana-kalo-anjing-Pugnya-kita-bius-dulu-supaya-lebih-mudah, dengan senang hati tolak saja, dan cari vet/drh. lainnya. Bukan apa - apa, si Pug ini khan kecil dan ringan banget, takut staminanya ngga bisa merespon obat bius / anestesia secara yang kita harapkan. is it worth the risk ?..ini dia..hehehe.


Jangan pernah berpikir untuk menunda membersihkan gigi geligi anjing Pug anda ya..karena bisa berakibat yang bisa memperbesar pengeluaran anda dan merepotkan, karena si Pug bisa menolak.

Kalau sudah begini, demi kesehatan giginya, kita terpaksa beli pembersih gigi yang jenisnya “teeth-cleaning-chews” atau tulang-tulangan. Jadi alat pembersih ini punya tiga fungsi : snack anjing Pug, pembersih gigi anjing Pug, dan juga hadiah / reward buat si anjing Pug kalo dia melakukan perintah...sedap khan..

Dan biasanya "snack" ini dibedakan antara untuk trah besar dengan untuk trah kecil.


Gimana?..simpel khan..

Yo wis, sok gosok gosok lah kita..hahahaha...


Regards,

Agung D.


Tidak ada komentar: